Apa yang Harus Diajarkan ke Anak Tentang Kebersihan Rumah dan Lingkungan?

lingkungan-bersihRumah adalah tempat awal dimana kita bisa mulai mendidik anak untuk peduli dengan kebersihan. Setiap hari, dengan memberikan teladan dan pengertian kepada anak, mereka bakal belajar kalau kebersihan itu penting dan juga membuat badan menjadi sehat. Setelah itu, baru kamu bisa mengajari mereka untuk menjaga kebersihan di sekitar lingkungan rumah mereka tersebut.

Di dalam rumah, hal-hal yang bisa kamu ajarkan kepada anak supaya rumah selalu bersih adalah sebagai berikut:

  • Selalu mencuci tangan setelah bermain dan beraktivitas, dan sebelum melakukan kegiatan seperti makan. Ini basic manner yang mesti diajarkan supaya mereka tahu konsep bersih.
  • Mengajarkan untuk membuang sampah di tempatnya. Lebih bagus lagi kalau memisahkan antara sampah organik dan anorganik.
  • Mengajak anak untuk menyapu dan mengepel lantai rumah, dengan memberikan tanggung jawab untuk membersihkan kamarnya misalnya.
  • Menguras bak mandi di dalam rumah dan membersihkannya, dan mengajak anak bersama-sama melakukannya.
  • Kalau keluarga punya binatang peliharaan, berikan tanggung jawab pada anak untuk membersihkan kandangnya.
  • Mengajarkan untuk mencuci piring sehabis makan dan jangan menunggu sampai menumpuk.

Kalau anak sudah diajari menjaga kebersihan di dalam rumahnya, sekarang saatnya mengajarkan untuk menjaga lingkungan sekitar tempat tinggalnya. Ini yang bisa kamu lakukan:

  • Memberitahu anak untuk memunguti sampah yang berserakan di luar dan membuangnya di tempat sampah. Siapa pun yang membuang, sampah tak boleh ada di luar tempat sampah.
  • Membersihkan sampah dari selokan, ajarkan anak begitu dia sudah cukup besar untuk tahu.
  • Menanam tumbuhan di halaman demi melestarikan lingkungan, sekaligus juga mengajarkan cara membersihkan halaman dari dedaunan yang berserakan.

Intinya, mengajarkan pada anak supaya bisa menjaga kebersihan dan lingkungan di sekitar rumah akan membuatmu harus mempraktekkan apa yang kamu ajarkan. Jangan harap untuk mengajarkannya membuang sampah di tempatnya, tapi pada kenyataannya kamu justru membuang sampah sembarangan. Anak bakal mempertanyakan ini, jadi lebih baik kalau dari sekarang, kamu membiasakan diri untuk konsisten.

Updated: 22/06/2016 — 16:14
Sedot WC Khusus Jakarta Harga Terjangkau Telpon 081222000303 - 021-7543541 Frontier Theme