Cara Menjaga Saluran Air di Rumah Agar Tidak Mampet

Cara Menjaga Saluran Air di Rumah Agar Tidak Mampet

Saluran air yang mampet adalah salah satu masalah rumah tangga yang dapat sangat menjengkelkan dan dapat mengganggu kenyamanan dalam hidup kita sehari-hari.

Namun, dengan melakukan tindakan pencegahan yang tepat, Anda dapat menghindari saluran air yang tersumbat dan mengurangi risiko terjadinya masalah tersebut.

Dalam artikel ini, kami akan berikan beberapa tips atau cara efektif untuk mencegah terjadinya saluran air yang mampet di rumah Anda.

  1. Gunakan Saringan Saluran

Saluran mampet seringkali disebabkan oleh tumpukan debu, sisa-sisa makanan, rambut, atau benda kecil lainnya yang masuk ke dalam saluran. Salah satu cara terbaik untuk mencegah hal ini adalah dengan memasang saringan saluran di wastafel, bak mandi, dan bak cuci piring. Saringan ini akan menyaring benda-benda tersebut sehingga tidak dapat masuk ke dalam saluran.

  1. Hindari Membuang Lemak dan Minyak ke Dalam Saluran

Lemak dan minyak dari masakan dapat menyebabkan sumbatan serius dalam saluran pembuangan limbah saat mereka mengeras di dalam pipa. Alihkan kebiasaan Anda untuk membuang lemak dan minyak ke dalam wastafel.

Alihkan mereka ke dalam wadah yang dapat Anda buang dengan benar atau biarkan mereka mendingin dan padat terlebih dahulu sebelum membuangnya.

  1. Buang Sampah dengan Benar

Sampah dan sisa-sisa makanan yang lebih besar harus dibuang dengan benar. Jangan membuang sampah ke dalam wastafel atau toilet, terutama jika itu bukan benda yang larut dalam air. Gunakan tempat sampah yang sesuai dan pastikan sampah diikat dengan rapat sebelum Anda membuangnya.

  1. Gunakan Produk Kimia dengan Hati-Hati

Produk kimia pelancar saluran dapat membantu mengatasi masalah mampet, akan tetapi gunakanlah dengan bijak dan sesuai dengan petunjuk penggunaan yang tertera pada label. Penggunaan yang berlebihan pada produk kimia ini dapat merusak pipa juga mempengaruhi lingkungan.

  1. Pembersihan Secara Rutin

Melakukan pembersihan secara rutin pada saluran pembuangan air adalah tindakan pencegahan yang baik. Anda dapat menggunakan campuran air panas dan cuka atau soda kue untuk membersihkan saluran secara berkala. Hal ini dapat membantu melunturkan kotoran yang mungkin menempel pada dinding pipa saluran.

  1. Jaga Kebersihan Toilet Anda

Toilet sering menjadi sumber masalah saluran mampet. Pastikan untuk tidak membuang benda-benda yang tidak larut dalam air, seperti pembalut, tisu wajah, atau bahan lainnya, ke dalam toilet. Gunakan toilet untuk tujuan yang sesuai dan jangan coba membuang benda yang tidak seharusnya masuk ke dalamnya.

  1. Periksa dan Perbaiki Kran atau Pipa yang Bocor

Kran atau pipa yang bocor dapat menimbulkan genangan air yang dapat mempercepat penumpukan kotoran dalam saluran. Pastikan semua kran dan pipa berfungsi dengan baik dan segera perbaiki segala kebocoran setelah diketahui.

  1. Panggil Jasa Profesional Secara Berkala

Meskipun tindakan pencegahan yang dilakukan di rumah dapat membantu, tidak ada yang dapat menggantikan pemeriksaan dan pemeliharaan rutin oleh ahli saluran mampet profesional. Panggil jasa profesional secara berkala untuk membersihkan saluran Anda secara menyeluruh dan memastikan semuanya dapat berjalan dengan baik.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat mengurangi risiko terjadinya saluran air yang mampet di rumah Anda. Tindakan pencegahan ini tidak hanya dapat menghemat uang Anda dalam jangka panjang tetapi juga dapat menjaga aliran air tetap lancar dan kenyamanan rumah Anda.

Updated: 11/12/2023 — 15:19